126View

Salah satu proses rekrutmen penting yang menentukan kamu lanjut atau tidaknya dalam tahap rekrutmen di perusahaan yaitu proses screening CV yang dilakukan oleh HRD. Namun demi efisiensi waktu, saat ini HRD sudah menggunakan sebuah sistem screening CV yang berbasis ATS (Applicant Tracking System) yang mampu memberikan skor terhadap setiap CV yang masuk. Ada ratusan bahkan ribuan CV gagal lolos ke tahap selanjutnya sebab, banyak jobseekers yang belum paham mengenai cara kerja dari sistem ATS ini yang membuat mereka tidak lolos dalam screening CV.

Ada beberapa tips yang bisa bantu kamu agar CV yang kamu apply bisa lolos dalam screening CV dan ATS Friendly. Simak ya jangan sampai terlewat!

1. Gunakan template yang sederhana

Format pada CV ATS Friendly memiliki format yang sederhana dan mudah dibaca oleh sistem dibandingkan dengan CV kreatif. Hal ini bertujuan agar CV bisa terbaca oleh sistem. Kamu bisa menggunakan font yang mudah terbaca seperti jenis font Times New Roman, Calibri, Arial, atau Georgia. Selain itu, size tulisan di ukuran 12 penjelasan deskripsi dan ukuran 14 untuk headling.

2. Sesuaikan posisi dengan lowongan yang dilamar

Untuk meningkatkan kesempatan lolos di screening CV, kamu harus memahami posisi yang dilamar. Pahami dan cari tahu dari kata kunci yang dibutuhkan oleh perusahaan yang sudah dijelaskan di job description. Hal ini karena sistem di ATS akan menyaring CV berdasarkan keyword dari posisi yang dibutuhkan. Jadi, semakin banyak keyword yang sesuai dengan job description akan semakin besar peluang CV kamu lolos screening CV ATS.

3. Tulis Headline setiap bagian dengan jelas

Di dalam sebuah CV memiliki format yang sesuai dengan memiliki bagian yang berbeda mulai dengan profil, summary, pengalaman kerja, keterampilan, pendidikan, penguasaan bahasa, dan lain sebagainya. Hal ini kamu harus pastikan untuk menuliskan headline pada bagian yang jelas di dalam CV.

4. Gunakan bahasa inggris sesuai dengan jenis lowongan

Dalam membuat CV ATS friendly memang disarankan untuk menggunakan bahasa Inggris. Hal ini ada beberapa perusahaan yang akan lebih tertarik dengan CV dengan yang berbahasa Inggris. Selain itu juga, kebanyakan dari sistem ATS dibuat oleh produsen dari luar negeri yang meseleksi kata kuncinya dari bahasa Inggris. Namun, kamu tidak usah khawatir sebab saat ini juga sudah ada sistem ATS yang mendukung dengan bahasa Indonesia. Jadi kamu bisa membuat CV ATS friendly dengan bahasa Indonesia.

5. Pilih jenis file yang tepat

Kebanyakan dari CV ATS yang dibutuhkan yaitu dalam bentuk format file PDF. Tapi perlu di ingat file PDF bukan standar yang tetap, ada beberapa perusahaan yang meminta file dalam bentuk PDF, maka ikuti saja intruksi yang diminta. namun, jika perusahaan atau rekruter tidak memberikan intruksi jenis file apa yang di minta. Kamu bisa menggunakan jenis file dokumen word, sebab jenis ini mudha terbaca oleh mesin ATS.

 

 

Itu beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar CV kamu bisa lolos screening CV yang ATS friendly. Setelah kamu lolos screening CV, tahap selanjutnya yang biasa dilakukan yaitu proses tes psikotes. Nah di tes psikostes ini kamu harus mengerjakan beberapa tes. Untuk kamu yang butuh tes psikotes online, kamu bisa gunakan tes psikotes online dari Ikutpsikotes. Di Ikutpsikotes memiliki berbagai jenis tes yang lengkap sesuai dengan kebutuhan kamu dan juga sudah standar psikolog Indonesia. Yuk langsung aja daftarkan dan dapatkan FREE KONSUL dan FREE TRIAL untuk kamu yang butuh tes psikotes online.

 

KLIK DAFTAR DISINI!

 

News IkutPsikotes