568View

Berdasarkan dari Emeritus, ini loh beberapa pekerjaan yang paling dicari dan berpeluang besar di tahun 2024 yaitu diantaranya:

 

1. Software Developer

Posisi pertama yang menjadi incaran para HRD perusahaan yaitu Software Developer sebab saat ini terus berkembangnya teknologi yang membuat perusahaan membutuhkan posisi ini untuk membantu mereka dalam menjaga bisnisnya. Software developer sendiri merupakan sebuah seorang profesional dibidang perangkat lunak yang bertugas untuk menyusun dan juga merancang sebuah kode ke dalam perangkap lunak untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Kemampuan untuk dibutuhkan oleh seorang software developer yaitu beragam seperti:

1. memahami basic bahasa pemrograman seperti Python, Java, bahkan pemrograman SQL.

2. Mengetahui berbagai jenis struktur data serta alogritma dalam mengoptimalkan sebuah informasi

3. Mampu mengoperasikan perangkat lunak seperti TextMate, Notepad++, hingga memperbaiki kesalahan (bug) yang ada di perangkat lunak.

 

2. Data Analyst

Data Analyst merupakan salahsatu pekerjaan yang sering oleh para HRD, posisi ini membantu dalam pengambilan keputusan berdasarkan data yang menjadi hal penting didalam sebuah bisnis dalam melakukan stateginya. Sehingga banyak perusahaan yang rela memberikan salary yang tinggi untuk posisi ini. Untuk posisi ini, kamu harus familiar dengan beberapa tools ini agar skill kamu sebagai data analyst makin jago seperti:

1. SQL

2. Tableau

3. SAS

4. Microsoft Power BI

5. Python

 

3. AI Engineer

Ai Engineer merupakah salah satu profesi yang berperan sangat penting dalam mengembangkan teknologi rekayasa buatan yang dibuat oleh manusia. Saat ini perkembangan penggunaan AI atau artificial intelligence di dalam berbagai bidang usaha sangat diminati sebab hal ini sangat mempermudah dalam membangun dan menjaga di berbagai lini bisnis.

Kalau kamu familiar dengan ChatGPT atau Google Gemini, itu merupakan hasil dari AI yang berbasis Language Model yang diciptakan oleh para AI Engineer saat ini.

 

4. Web Developer

Selain beberapa posisi diatas yang berpotensi tinggi peminat di tahun mendatang, Web developer juga posisi yang menjadi posisi yang tinggi peminatnya oleh perusahaan. Hal ini sebab, posisi web developer sendiri bertanggung jawab dalam pengembangan website konsumen atau perusahaan yang biasa kita gunakan dan butuhkan di kehidupan sehari-hari.

Pengetahuan atau basic skill yang perlu dimiliki oleh seorang web developer yaitu:

1. HTML dan CSS

2. Pengetahuan mengenai UX/UI

3. dan yang terpenting yaitu, coding

Basic skill ini mampu menunjang kamu yang tertarik di bidang ini dalam memenuhi kebutuhan perusahaan atau konsumen.

 

5. Financial Manager

Posisi yang ga kalah dicari oleh perusahaan ini yaitu financial manager, posisi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan sebab mampu memberikan keuntungan dalam memaksimalkan anggaran perusahaan dikelola dengan baik. Hal ini sangat penting sebab menjaga stabilitas keuangan perusahaan dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Biasanya financial manager harus memiliki beberapa keahlian ini di bidangnya yaitu:

1. Mengerti dalam membuat laporan anggaran tahunan

2. Memantau aliran uang dalam sistem akuntansi

3. Mampu mengerti dalam berbagai investasi bisnis dan bisa dalam mengawasinya

4. Mengerti dalam jenis peraturan keuangan seperti paham dalam perpajakan dan penilaian resiko dalam penerapan strategi keuangan untuk pertumbuhan sebuah perusahaan

 

Untuk kamu yang ingin berkarir menjadi seorang financial manager kamu wajib menguasai basic skill yang bisa membantu kam u menjadi financial manager yang andal seperti analytical thinking, financial, perpajakan, hingga bisa mengikuti tren investasi saat ini.

 

Nah tadi beberapa posisi yang menjadi incaran perusahaan di tahun 2024, ada posisi kamu ga nih? yuk upgrade skill kamu dan cari potensi apa saja yang ada di dalam diri kamu! kamu bisa loh mengetahui potensi apa saja yang ada di diri kamu dengan menggunakan tes psikotes, dalam menggunakan tes psikotes kamu bisa mengetahui berbagai kepribadian dan juga potensi yang bisa kamu kembangkan. Kamu bisa loh gunakan psikotes di ikutpsikotes dengan sekali bayar kamu bisa pakai berbagai tes psikotes online yang bisa bantu kamu dalam mencari potensi diri kamu. Yuk cobain aja tes psikotes di ikutpsikotes sekarang juga! dapatkan free tial dan konsul untuk perusahaan baru yang ingin menggunakannya.

 

Sumber :

- Best Jobs 2024: Your Guide to Excellent Career Opportunities

- What Does a Web Developer Do?

 

News IkutPsikotes