78View

Memiliki karir yang bagus dan berkembang merupakan hal yang diinginkan semua orang khususnya bagi pekerja ataupun karyawan. Jika karir berkembang itu merupakan suatu keempatan besar untuk kita agar bisa mengasah kemampuan diri dan skill yang kita miliki. Ketika kamu selalu berusaha secara konsisten dan terus mau belajar untuk mencoba hal baru maupun belajar dari kesalahan yang ada perkembangan karir akan terasa semakin signifikan. Dan untuk kamu yang ingin berusaha mengembangkan potensi diri  kamu sebagai identitas karir. Kamu bisa ikuti beberapa tips dibawah ini:

1. Mengenali Minat, Bakat Diri Sendiri

Menurut MED Mustafa, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami diri sendiri, setiap orang memang punya macam-macam cara untuk mengenali dirinya sendiri. Kamu bisa mencoba banyak cara contohnya konsultasi karir dengan meminta bantuan kepada mereka yang sudah punya banyak pengalaman bisa melalui serangkaian tes, wawancara, dan evaluasi untuk menentukan minat, nilai, dan kekuatan di diri kamu. Hal-hal tersebut dapat membantu kamu untuk memahami potensi minat, bakat yang ada di diri kamu.

2. Mendiskusikan Keinginan Karir Dengan Orang Tua Dan Keluarga

Mempunyai hubungan komunikasi yang baik dengan keluarga dan orang tua adalah sumber semangat dan kepuasan batin yang akan kamu rasakan apabila itu terjadi di kamu. Memang pekerjaan kamu itu kamu sendiri yang menjalani tapi itu pekerjaan tidak seharusnya mengorbankan diri sendiri dan hubungan pribadi. Membicarakan tentang keinginan yang kamu ingin capai nantinya dengan keluarga bisa meringankan pikiran kamu loh, dengan berbagi cerita kamu bisa mendapatkan wejangan atau saran dari orang tua dan keluarga kamu jika kamu sedang merasa begitu berat.

Tapi perlu ingat ya, kamu sendiri juga harus memiliki prinsip dan pendirian di dalam diri kamu dalam mengambil keputusan.  Keluarga dan orang tua kamu hanya bertugas untuk memberi kamu semangat dan dorongan untukmkamu dalam meniti karir kamu. Karena hubungan pribadi yang baik akan berkontribusi banyak terhadap kesuksesan karir dan produiktivitas kerja.

3. Mengikuti Seminar, Workshop, Atau Keterampilan Yang Menunjang Keterampilan Karir

Hal selanjutnya adalah kamu bisa mengikuti berbagai acara yang menyangkut tentang keterampilan dan perkembangan karir kamu. Contohnya adalah mengikuti seminar ataupun workshop gunanya kamu bisa menambah wawasan dan skill baru sehingga kamu mendapatkan sudut pandang baru. Caranya kamu bisa melakukan diskusi atau tukar pikiran dengan peserta lain guna menambah relasi dan wawasan tentang berpikir yang meluas.

4. Menentukan Tujuan Dan Pilihan Karir

Setelah kamu melewati tahap-tahap diatas kamu sudah pasti tau kana pa yang akan kamu tuju dan kamu pilih nantinya. Karena menetapkan tujuan karir adalah proses yang mudah, semua yang perlu kamu lakukan adalah memiliki target tertentu dalam pikiran kamu. Setiap orang memiliki variasi yang berbeda dalam menentukan tujuan karirnya. Ada beberapa orang memiliki tujuan hanya untuk jangka pendek saja contoh mereka hanya ingin merubah karir mereka saat ini misal mendapatkan sertifikasi dalam keterampilan baru, membangun jaringan professional mereka, dan lain-lain.

Tetapi ada juga orang yang bertujuan meniti karir mereka untuk jangka panjang misal mengubah karir dan profesi mereka menjadi lebih baik lagi, yang dimana mereka harus mencapai banyak tujuan,termasuk jaringan,pendidikan tambahan, dan penilaian keterampilan. Nah dari penjelasan itu semua tinggal kamu yang menentukan tujuan yang akan kamu ambil untuk karir kamu, dan semoga kamu dapat memilih yang terbaik dalam bentuk versi kamu.

5. Berkomitmen Terhadap Pemilihan Karir Tersebut

Setelah kamu sudah mantap memilih suatu karir atau kamu sedang menjalaninya saat ini. Memiliki komitmen terhadap karir yang kamu ambil merupakan hal yang penting. Hal ini dipengaruhi oleh banyak factor misalnya nilai kerja, kepuasan kerja, situasi kerja, pengalaman kerja, dan kepribadian yang dimana itu bisa memicu kepada komitmen kamu terhadap karir yang kamu pilih atau sedang kamu jalani.

Nah itu dia beberapa tips dari kami yang bisa kamu ikuti dan pelajari agar kamu bisa lebih lagi mengembangkan identitas karir kamu untuk langkah yang lebih maju lagi. Ikutpsikotes juga mengajak kamu untuk mencari tahu seputar tips karir. Jangan lupa untuk cari informasi lainya seputar pekerjaan dan karir kamu bisa gunain tes psikotes online dari Ikutpsikotes. Hanya sekali bayar dan kamu bisa gunain semua fitur psikotes yang ada di Ikutpsikotes. Dapatkan FREE TRIAL dan FREE KONSUL dari Ikutpsikotes.

News IkutPsikotes