59View

Berbicara didepan umum apalagi didepan klien pasti buat kamu gugup dan efeknya kadang ngomong jadi suka gajelas dan belibet kan? Bahkan aking gugupnya ketika didepan kamu secara ga sadar selalu “emmm” atau “eee…” atau lebih parah lagi suka bengong saking gugupnya?

Apalagi saat kamu melakukan presentasi dengan klien itu pasti bakal buat kamu makin degdegan dan gugup kan? Karena ketika kamu sedang melakukan presentasi semua mata pasti tertuju dan fokus ke kamu. Dan mungkin kenapa rasa gugup itu muncul karena kamu ngerasa punya tanggung jawab besar dalam menyampaikan materi yang kamu supaya dapat dipahami dengan mudah oleh klien.

Maka dari itu disini kita akan bahas gimanasih cara biar engga gugup dan belibet saat presentasi didepan klien. Simak terus ya!

1. Percaya Diri

Cara pertama agar ngomong kamu tidak belibet adalah kamu punya rasa percaya diri yang kuat. Ketika kamu mampu menyampaikan suatu informasi atau pendapat pastikan kamu engga ragu untuk mengutarakanya.

Karena dengan kamu percaya diri kamu akan lebih yakin dengan apa yang kamu ucapkan. Dan klien yang mendengar itupun akan merasa percaya dan puas dari apa yang kamu sampaikan. Ketika kamu sudah mulai bisa percaya diri seiring berjalanya waktu kamu akan nyaman dan lebih bisa mengendalikan situasi sehingga kamu bisa meminimalisir rasa gugup ketika presentasi di depan klien.

2. Kuasai Dan Pelajari Materi Yang Akan Disampaikan

Ketika kamu melakukan presentasi di depan pastikan kamu menguasai materi yang akan disampaikan. Karena agar kamu tidak terlihat kebingungan nantinya saat didepan.

Dengan kamu menguasai materi kamu pun akan leluasa dan mudah menyampaikanya. klien pun pasti akan dengan mudah menanggapi hasil dari materi yang kamu presentasikan. Dan sekiranya jika ada klien yang bertanya tentang materi kamu. Kamu tidak kesusahan menjawabnya karena kamu sudah mempunyai bekal dan sudah mempersiapkan secara matang tentang apa yang akan kamu sampaikan di depan klien.

Dan cobalah untuk fokus pada topik pembicaraan dan tidak melenceng dari topik yang kamu bahas seharusnya. Hal ini untuk menghindari adanya loncatan informasi yang bisa membuat kamu merasa panic.

3. Lakukan Eye Contact Dan Perhatikan Tempo Bicara Kamu

Melakukan eye contact dengan audiens atau klien juga akan berdampak untuk presentasi kamu didepan loh! Jangan sampai ketika kamu sedang berbicara di depan, mata kamu hanya melihat ke satu arah atau ke bawah. Karena ketika kamu sedang berbicara didepan dan kamu tidak menatap mereka yang sedang memerhatikan kamu itu bisa jadi tidak sopan. Dan pastikan ketika kamu sedang presentasi jangan hanya melihat ke monitor saja lakukan eye contact sebagai tanda kamu menghargai audiens atau klien karena sudah bersedia mendengarkan kamu saat presentasi didepan.

Melatih tempo saat berbicara juga bisa membantu kamu agar tidak belibet saat bicara didepan. Usahakan kamu melatih tempo agar tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat, karena jika kamu berbicara terlalu cepat itu akan berdampak ke pernafasanmu dan orang orang pun akan tidak mengerti apa yang kamu bicarakan karena terlalu cepat jadinya tidak jelas. Tempo yang terlalu lambat pun akan membuat audiens yang mendengarkan merasa bosan dann ngantuk. Jadi pastikan kamu mengatur tempo yang pas agar biacara kamu tidak belibet dan mudah dipahami.

4. Minta tanggapan orang lain

Meminta pendapat danntanggapan orang lain untuk mengoreksi apakah yang kamu ucapkan cukup jelas dan mudah dimengerti itupun menjadi syarat supaya kamu bisa mengontrol cara biacara kamu agar tidak belibet. Apakah mereka bisa memahami ucapan kamu atau tidak. Dan apakah pesan yang kamu sampaikan kepada mereka diterima baik atau tidak

Nah itu dia tips yang bisa kamu lakukan saat presentasi di depan klien tanpa belibet lagi saat berbicara. Semoga cara-cara diatas dapat membantu kamu ya!

Jangan lupa untuk kunjungi situs kami di Ikutpsikotes karena disana banyak tips seputar karir dan disana pula kamu bisa mengetahui bagaimana sih kepribadian kamu. Hanya sekali bayar dan kamu bisa gunain semua fitur psikotes online yang ada di Ikutpsikotes. Dapatkan FREE TRIAL dan FREE KONSUL dari Ikutpsikotes

 

KLIK DISINI UNTUK DAFTAR!

 

Referensi:

https://radarpekalongan.disway.id/amp/35771/7-tips-praktis-berbicara-anti-belibet-berguna-agar-kamu-lebih-percaya-diri/32 

https://www.qubisa.com/article/tips-bicara-anti-belibet-saat-presentasi

 

News IkutPsikotes