10View

Salah satu tahap yang penting dalam proses rekrutmen yaitu proses interview, proses ini HRD dan user akan menilai kemampuan kamu dalam posisi yang kamu lamar. Saat kamu menghadapi proses interview untuk posisi staff akuntan, kamu akan dihadapkan dengan pertanyaan interview akuntan yang harus kamu kuasai, agar bisa memberikan jawaban yang maksimal. Nah ini beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh para HRD dan user, yuk simak penjelasannya!

1. Coba perkenalkan diri kamu?

Salah satu pertanyaan umum yang ada disetiap interview kerja yaitu kamu diminta untuk memperkenalkan diri kamu. kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan memberikan informasi tentang diri kamu mulai dari nama lengkap, pendidikan, dan berbagai pengalaman yang relevan dengan posisi akuntan yang kamu lamar.

2. Kenapa kamu tertarik untuk melamar diposisi ini?

Nah pertanyaan yang sering kamu temui yaitu pertanyaan ini. Dimana kamu diminta untuk menjelaskan secara alasan kamu untuk memilih sebagai staff akuntan. Kamu bisa menghubungkan pengalaman kamu sebelumnya yang relevan dengan posisi akuntan yang kamu lamar sekarang, agar terlihat lebih profesional.

3. Jelaskan tahapan siklus akuntansi?

Nah untuk pertanyaan ini, kamu bisa menjelaskan secara lengkap mengenai siklus akuntansi secara benar tahapannya yang bertujuan untuk mengetahui seberapa dalam kamu memahami basic tentang ilmu akuntansi.

4. Menurut kamu, apa 3 kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang akuntan?

Perusahaan ingin tahu seberapa profesional dan kompeten kamu di bidang akuntansi. Oleh karena itu, tidak sedikit HRD yang menanyakan mengenai tiga kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang akuntan. Untuk tiga kemampuan dasar seorang akuntan yaitu menganalisis sebuah data, penulisan, hingga kemampuan bergitung yang kuat.

5. Menurut kamu, apa tantangan terbesar seorang akuntan?

Selanjutnya pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD yaitu tantang terbesar seorang akuntan. Nah tipsnya, kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang masuk akal dan juga kamu bisa berikan solusi yang bisa dilakukan ketika menghadapi problem yang terjadi.

6. Software dalam bidang akuntansi apa yang kamu kuasai?

Pertanyaan yang sering ditanyakan selanjutnya yaitu, pertanyaan software akuntansi apa saja yang kamu kuasai? Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa familiar kamu dengan pekerjaan ini.

7. Jelaskan kelebihan dan kekurangan kamu!

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan selanjutnya yaitu kamu diminta untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan kamu. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa dalam kamu mengenal diri kamu. Kamu bisa jelasakan kelebihan kamu yang relevan dengan posisi staff akuntan dan kamu bisa jelaskan kekurangan kamu dan bagaimana kamu memperbaiki kesalahan kamu.

8. Jelaskan mengapa kami harus memilih kamu?

Yang terakhir pertanyaan yang biasa ditanyakan yaitu alasan perusahaan memilih kamu utnuk menjadi karyawannya. Disini kamu bisa jual diri kamu dengan menjelaskan value dan skill apa yang kamu miliki sehingga kamu layak untuk dipilih oleh perusahaan. 

 

Demikian berbegai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh perusahaan kepada kandidatnya untuk melamar posisi staff akuntan. Semoga dengan berbagai pertanyaan ini bisa membantu kamu dalam mengikuti proses interview. Nah sebelum mengikuti proses interview, biasanya kamu akan mengikuti proses seleksi tes psikotes. Untuk mempermudah dalam proses tes psikotes, kamu bisa latihan dan pakai tes psikotes secara lengkap di Ikutpsikotes. Ikutpsikotes sendiri memiliki berbagai alat tes yang bisa kamu pakai termasuk tes akuntansi, selain itu alat tes Ikutpsikotes sudah standar psikolog Indonesia yang sudah dipakai oleh ribuan perusahaan di Indonesia. Yuk langsung aja klik disini untuk tesnya!

News IkutPsikotes