56View

Dalam suatu pekerjaan pasti akan ada naik turunya, ada suka dukanya. Entah kamu mendapatkan promosi jabatan atau bahkan kamu kena PHK? Seperti yang kita bahas disini PHK atau pemutusan hubungan kerja pasti kabar yang sangat dihindari dan tidak diinginkan.

Akibat covid-19 kemarin banyak perusahaan yang secara terpaksa memutuskan kontrak dengan karyawanya atau PHK. Tapi ada loh beberapa pekerjaan yang sulit untuk kena PHK. Buat kamu yang masih mencari-cari karir apa sih yang cocok buat kamu mungkin salah satu dibawah ini bisa kamu jadikan refrensi. Simak terus ya!

1. Strategy Jobs Analyst

Pekerjaan ini seperti analis atau kalau diperusahaan consulting itu biasa disebut juga dengan consultant. Di pekerjaan ini membutuhkan orang yang mempunyai framework problem solve atau kerangka pemecahan masalah yang kuat dan juga bisa mengkomunikasikanya dengan baik.

Seorang strategy analyst bertanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan menentukan arah yang harus ditempuh agar unggul dan sukses. Biasanya seorang analyst strategy ini akan terus mengembangkan keputusan-keputusan dengan cara menganalisis, mengumpulkan, dan meninjau data dan kemudian menciptakan solusi yang relevan terhadap masalah-masalah di perusahaan.

Untuk gaji yang didapat biasanya strategy analyst ini setiap perusahaan berbeda tergantung pengalaman ditempat mereka bekerja. tapi rata-rata untuk pemula itu mulai dari Rp.6.000.000, sampai Rp.10.000.000 per bulan. Tapi seiring bertambahnya pengalaman, terutama bagi mereka yang memiliki 2-5 tahun bekerja bisa meningkat terus sampai mencapai di angka Rp.10.000.000, hingga Rp.15.000.000 perbulan. Selain itu, dikutip dari IDstar rata-rata, gaji untuk posisi ini di Indonesia adalah sekitar Rp 4.238.531 per bulan. Di wilayah Jakarta, gaji rata-rata untuk seorang business analyst adalah sekitar Rp8.000.000 per bulan. Namun, gaji ini bisa berbeda-beda tergantung skill, pengalaman, serta standar upah minimum yang berlaku di lokasi pekerjaan.

2. Business Intelegence Data Analyst (BI Analyst)

Yang kedua ini adalah BI atau business intelegence, hamper semua company atau perusahaan sekarang terutama perusahaan besar pasti akan melakukan data driven decision yang dimana itu adalah direction dan strategy dari company itu akan berbasis pada data.

Biasanya pekerjaan ini melakukan pengumpulan,analisis, dan penyajian data untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih efektif dan efisien dan juga menentukan strategi pemasaran berdasarkan data pemasaran. Dan kumpulan semua data tersebut kemudian akan diolah oleh seorang BI atau Business Intelegence menggunakan metode,tool dan software yang sesuai.

Tanggung jawab yang harus di pegang seorang BI adalah :

  • Membuat analisis data
  • Pengamatan dan evaluasi pada BI
  • Mengembangkan analisis data bisnis Intelektual
  • Pengolahan data

Dab biasanya jurusan yang menjurus kepada BI ini adalah pendidikan jurusan system informasi, ilmu computer, data science, administrasi bisnis, teknik,ekonomi, atau jurusan yang dapat memberikan  kamu pengetahuan mengenai proses bisnis dan pengolahan data.

Dikutip dari dibimbing.id Untuk gaji seorang BI ini bervariasi diitung berdasarkan levelnya untuk pemula atau entry level biasanya memiliki pengalaman kerja 2-3 tahun itu berada di angka Rp.5.000.000 sampai Rp.9.000.000 dengan rata-rata Rp.6.500.000 perbulanya. Masuk ke middle level disini kamu punya kesempatan menjadi tahap professional dengan pengalaman 3-8 tahun. Rata-rata gaji di middle level ini berkisar antara Rp. 10.500.000 perbulanya. Tergantung dengan posisinya. Dan yang terakhir ada di senior level yaitu yang sudah mempunyai pengalaman selama 8 tahun lebih keatas dan rata-rata BI di Indonesia untuk yang senior level ini bisa mencapai lebih dari Rp.12.000.000 perbulan bahkan bisa mencapai Rp.22.000.000 perbulanya. Tetapi perlu diingatkan bahwa gaji dari bidang BI tidak hanya bergantung pada levelnya, melainkan dari profesi yang spesifiknya.

3. Software Enginering Programmer

Yang terakhir ini adalah pekerjaan yang dimana hampir semua perusahaan sekarang yang bahkan bergerak dibidang non tag itu pasti perlu software engineer juga. Selain susah di PHK tentunya gaji atau salary nya secara average lebih tinggi dari pekerjaan lainya.

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk menganalisis kebutuhan pengguna dan kemudian merancang perangkat lunak yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dan seorang software engineer juga harus mampu untuk mengembangkan perangkat lunak. Biasanya orang yang bekerja di bidang ini adalah orang yang menggunakan ilmu komputer.

Coursera merinci tugas sehari-hari yang jadi scope pekerjaan seorang software engineer:

  • Mendesain dan merawat sistem software
  • Mengevaluasi dan testing program software baru
  • Mengoptimasi software untuk speed dan scalability-nya
  • Menulis dan menguji kode pemrograman
  • Memberikan konsultasi ke klien, sesama engineer, spesialis computer security, dan stakeholder lainnya

Skill yang harus dikuasai di pekerjaan ini adalah coding, software testing, software development, dan Object-oriented design (OOD), dan adapun softskill yang harus kamu kuasai yaitu komunikasi,mampu

bekerja sama dengan tim,teliti,dan problem solving dan gaji untuk pekerjaan ini di Indonesia rata-rata berkisar di angka Rp.6.900.000 hingga Rp.9.900.000.

Itulah beberapa pekerjaan yang sangat sulit untuk kena PHK semoga itu bisa menjadi refrensi kamu ketika memulai karir nanti. Dan sebenarnya setiap pekerjaan memang ada plus dan minus nya tergantung diri kita menyikapinya bagaimana.

 

 

Semoga info diatas dapat membantu kamu yaa. Buat kamu yang masih bingung cari informasi seputar karir kamu bisa kunjungi web kami di Ikutpsikotes loh. Disana juga kamu bisa mengetes bagaimana kepribadian kamu. Hanya sekali bayar dan kamu bisa gunain semua fitur psikotes online yang ada di Ikutpsikotes. Dapatkan FREE TRIAL dan FREE KONSUL dari Ikutpsikotes.

KLIK DAFTAR DISINI!

 

Referensi:

- Career in Business Intelligence

- Gaji Business Intelligence

- Gaji Software Engineer

News IkutPsikotes