345View

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan salah satu bagian dari psikotes yang dirancang untuk mengukur dan menentukan kepibadian seseorang dalam melihat dunia dari pandangan sendiri. Pada MBTI memiliki 16 jenis kepribadian berbeda dan sering digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui kepribadian karyawan sesuai dengan potensinya masing-masing. Ini beberapa rekomendasi karier yang cocok berdasarkan MBTI kamu.

  • INFJ (Introversion, Intuition, Feeling, Judging)

Umumnya kepribadian ini memiliki kepribadian yang teliti dan menaati terhadap nilai-nilai yang dipercaya oleh perusahaan. Mereka cocok untuk berkarir sebagai peneliti, dosen, konsultan, psikolog, dll.

  • INFP (Introversion, Intuition, Feeling, Perceiving)

Karakteristik dari kepribadian ini, memiliki pikiran yang ideal, bersifat loyal dan senang belajar hal baru. Mereka yang memiliki MBTI INFP ini cocok berkarir sebagai jurnalis, musisi, professor, copy writer, dll.

  • INTJ (Introversion, Intuition, Thinking, Judging)

INTJ biasanya memiliki kepribadian yang unik, ahli dalam mengatur strategi, intuitif, kreatif, namun kebanyakan dari mereka pendiam. Kepribadian ini cocok berkarir sebagai ahli keilmuan, insiyur, analisis, hakim, atau konsultan karena mereka yang ahli sekali dalam mengatur strategi.

  • INTP (Introversion, Intuition, Thinking, Perceiving)

Mereka yang memiliki karakter INTP ini, memiliki kreatifitas dan standar yang sangat tinggi, serta berwawasan luas yang suka menggali ide dan memecahkan masalah daripada bersosialisasi. Karir yang cocok untuk mereka yang memiliki MBTI INTP ini seperti progammer, penulis teknis, hakim, maupun marketing consultant.

  • ISFJ (Introversion, Sensing, Feeling, Judging)

Seseorang yang memiliki karakteristik dari ISFJ ini memiliki sifat yang ramah, tenang, bertanggung jawab, serta teliti. Mereka cocok berkarir sebagai perawat, desainer, maupun finance staff karena mereka cenderung loyal dan mengerti kepada hal yang terpenting bagi mereka.

  • ISTJ (Introversion, Sensing, Thinking, Judging)

ISTJ memiliki kepribadian yang tenang, sosok seorang pemimpin, serius dan bekerja keras, serta menjunjung tinggi nilai kehormatan. Karakter ini cocok berkarir sebagai business analyst, akuntan, pengacara, maupun dokter karena mereka cenderung memutuskan sesuatu dengan logis, dispilin dalam mengatur waktu, dan terorganisir dalam berbagai hal.

  • ISTP (Introversion, Sensing, Thinking, Perceiving)

Mereka yang memiliki MBTI ISTP biasanya memiliki karakteristik yang memiliki pemikiran yang logis dan memiiki ide yang tidak terbatas. Mereka cocok berkarir sebagai teknisi, insiyur, pengusaha, maupun ahli forensik karena suka menyusun fakta-fakta menggunakan prinsip-prinsip yang logis.

  • ISFP (Introversion, Sensing, Feeling, Perceiving)

Karakteristik dari seseorang yang memiliki MBTI ISFP ini biasanya menyukai hal baru, individual namun setia dan loyal kepada orang banyak. Mereka biasanya cocok bekerja sebagai seniman, desainer, penyanyi, maupun arkeolog karena lebih menyukai ruang mereka sendiri dan bekerja dalam kerangka waktu mereka sendiri,

Tadi beberapa list MBTI versi introvert yang cocok berkarir di berbagai bidang. Namun perlu diingat, bahwa tipe kepribadian MBTI bukanlah satu-satunya faktor penentu kamu cocok atau tidaknya dalam memiliki karir. Masih banyak aspek lainnya yang bisa kamu pertimbangkan. Artikel ini dibuat untuk memberikan sedikit informasi untuk kamu agar tidak bingung dalam menentukan karir yang tepat.

 

Jika kamu butuh dalam menentukan karir yang tepat atau bingung dalam memiliki jurusan kamu bisa menggunakan tes psikotes sebagai salah satu aspek dalam membantu kamu. Kamu bisa menggunakan tes psikotes online dari Ikutpsikotes yang memiliki fasilitas dan alat tes yang lengkap, namun dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa mengikuti berbagai tes dengan sekali bayar, di lakukan dimana saja dan langsung mendapatkan hasil tes psikotes. Ikutpsikotes sendiri, sudah bekerja sama lebih dari 800 perusahaan dan berbagai lembaga pendidikan dalam membantu dalam tes psikotes online nya. Yuk, coba FREE TRIAL DAN FREE CONSUL sekarang juga dari tim Ikutpsikotes sekarang juga!

KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG!News IkutPsikotes