150View

Salah satu cara untuk membantu seseorang untuk memilih jalan karier yang cocok untuk mereka yaitu dengan mengikuti tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Dengan MBTI bisa bantu kamu dalam menentukan karier yang cocok sesuai dengan kepribadian kamu. Nah untuk artikel kali ini, akan membahas mengenai pekerjaan yang cocok sesuai dengan kepribadian MBTI kamu versi ekstrovert. Ini beberapa rekomendasi karier yang cocok berdasarkan MBTI kamu.

1. ESTP (Ekstrovert, Sensing, Thinking, Perceiving)

Orang yang memiliki MBTI versi ini tipe yang bersemangat dalam menghabiskan waktu bersama orang lain. Mereka cenderung fleksibel dan suka berhubungan dengan logika berfikir. Orang yang memiliki tipe ini cocok dalam berkarier sebagai data analyst, digital marketer, dan web developer. 

2. ESTJ (Ekstrovert, Sensing, Thinking, Judging)

Tipe kepribadian ESTJ memiliki karakter yang logis dan juga tegas, sangat praktisi, serta melakukan hal yang berlandaskan fakta. Mereka yang memiliki karakter ini cocok bekerja seperti manajer, guru, maupun jadi polisi sebab memiliki sifat yang sangat logis.

3. ENFP (Ekstrovert, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Seseorang yang memiliki tipe ini biasanya cocok dengan mereka yang sama memiliki energi sebesar mereka. Mereka suka menjadi sorotan orang banyak. Pekerjaan yang sesuai dengan mereka seperti aktris/aktor, musisi, maupun menjadi seniman.

4. ESFJ (Ekstrovert, Sensing, Feeling, Judging)

Mereka yang memiliki kepribadian ini sangat kooperatif serta teliti. Orang yang biasa disebut "The Caregiver" suka dalam membantu orang lain serta berfokus dalam komunitas sosial. Mereka cocok bekerja menjadi dokter, guru, maupun perawat sebab suka lingkungan yang harmonis serta baik hati.

5. ENFP (Ekstrovert, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Seseorang tipe ini penuh antusias dan juga memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi. Mereka lebih cocok dengan pekerjaan yang bisa mengekspresikan kreativitas mereka dan bisa berhubungan dengan orang banyak. Pekerjaan yang cocok buat para ENFP adalah desainer, public relation, wirausaha, dan social media marketing.

6. ENFJ (Ekstrovert, Intuitive, Feeling, Judging)

Mereka dengan kepribadian ENFJ punya banyak pertimbangan dan cukup idealis namun biasa nya mereka punya pengaruh positif yang kuat kepada orang lain. Mereka cocok dengan perkerjaan yang people oriented seperti menjadi human resources, public relation, maupun menjadi event management. Selain itu mereka juga berempati tinggi dan responsif dan juga bertanggung jawab yang cocok dengan pekerjaan tadi

7. ENTP (Ekstrovert, Intuitive, Thinking, Perceiving)

ENTP atau yang biasa disebut dengan "The Debater" biasa dikenal punya banyak ide-ide yang luar biasa dan bisa mewujudkan ide-ide tersebut. Mereka ini berfokus terhadap pengembangan solusi masalah dan memiliki intelektual yang menarik serta beragam. Mereka ini cocok berkarier sebagai entrepreneur, engineer, dan juga fotografer.

8. ENTJ (Ekstrovert, Intuitive, Thinking, Judging)

Para ENTJ ini biasanya dikenal sebagai pemimpin sebab dapat mengambil keputusan dengan bijak dan cepat menyadari mengenai protokol yang tidak efisien, mereka memiliki karismatik, teliti, dan cerdas. Pekerjaan yang cocok dengan mereka seperti menjadi politisi, pengusaha, dan pembicara publik.

 

Nah, tipe kalian yang mana nih? udah tau kan pekerjaan yang pas sesuai dengan kepribadian kalian. Kalau kamu ingin tahu lebih dalam mengenai kepribadianmu. Kamu bisa mengikuti tes psikotes, kenapa harus dengan mengikuti tes psikotes? Sebab tes psikotes bisa membantu kamu dalam mengetahui mengenai kepribadian kamu, potensi kamu, hingga hal yang bisa kamu kembangkan. Dan buat kamu yang belum tau kepribadian MBTI-mu dan butuh tes psikotes lainnya, tenang aja karena Ikutpsikotes punya semua. Kamu bisa dapatkan tes nya DI SINI!. Kamu bisa mengikuti berbagai tes psikotes secara online di Ikutpsikotes yang sudah standar psikolog Indonesia dan bisa langsung mendapatkan hasilnya secara realtime beserta dengan penjelesannya.

Yuk langsung aja bergabung di Ikutpsikotes dan dapatkan free konsul dan dapatkan free trial untuk kamu yang butuh tes psikotes online dengan jumlah peserta yang besar!

 

DAFTAR DI SINI!

 

 

Referensi

News IkutPsikotes