149View

Dalam dunia kerja, proses yang penting salah satunya yaitu proses tes seleksi psikotes. Salah satu tes psikotes yang biasa peserta ikuti yaitu tes kepribadian untuk menentukan bagaimana para peserta berprilaku dan bersikap sesuai dengan karakteristik perusahaan. Pada dasarnya, tes kepribadian ini dilakukan untuk mengukur kemampuan dan kepribadian seseorang melalui jenis tes tertentu. Untuk hasilnya pun tidak semua hasil tes kepribadian sama. Nah, ini beberapa jenis perusahaan yang sering menggunakan tes kepribadian.

1. Tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator)

Tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator merupakan salah satu tes yang sering ditemukan dalam proses tes psikotes. Tentu kamu juga sudah tidak asing dengan istilah MBTI ini bukan? Tes ini memiliki total 16 kepribadian di antaranya yaitu extrovert, introvert, introvert, thingking, dan feeling. Tes ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik peserta yang biasa digunakan pada proses rekrutmen perusahaan. 

2. Tes Enneagram

Lalu tes yang sering digunakan pada proses rekrutmen, yaitu tes Enneagram. Tes ini berisikan beberapa pilihan paragraf atau kalimat yang harus kamu pilih sesuai dengan kepribadian kamu. Dari hasil yang kamu pilih nanti, akan diambil dari kepribadian yang ada, seperti perfeksionis, pelindung, skeptis, pemeran, dan lainnya.

3. Big Five Personality

Big Five Personality merupakan salah satu jenis tes kepribadian yang bisa kamu temui saat tes psikotes di perusahaan. Tes ini mempunyai lima kepribadian besar untuk mengatahui sifat para pesertanya. Disini perusahaan akan tahu para pesertanya akan memiliki sifat lebih ke arah keterbukaan, keramahan, kesadaran, neurotisme, dan juga ekstraversi.

4. Tes Kepribadian Gambar

Selain tes kepribadian yang berisi paragraf ataupun kalimat, tes kepribadian juga ada yang berbentuk gambar. Tes ini biasanya digunakan untuk tahu mengenai perasaan para peserta, sisi lain seseorang, maupun kondisi emosional yang mungkin saja belum terlihat. Tes ini digunakan untuk menggali lebih dalam mengenai kepribadian para peserta. Contoh dari tes kepribadian gambar yaitu seperti tes menggambar sebuah pohon, menggambar orang, maupun menggambar sebuah rumah. Dari masing-masing gambar yang kamu buat nanti bisa menjadi acuan perusahaan untuk mengetahui sisi para pesertanya.

 

Selain tes-tes kepribadian di atas, sebenernya masih banyak loh tes lain yang perusahaan gunakan untuk mengetahui dan menggali lebih dalam para peserta apakah mereka cocok atau tidak untuk diterima di perusahaan tersebut. Kamu penasaran tes apa saja? yuk langsung aja cek di Ikutpsikotes. Dapatkan tes psikotes terlengkap di Ikutpsikotes untuk mempersiapkan tes masuk kerja, tes masuk CPNS, tes masuk POLRI dengan Ikutpsikotes. Klik disini untuk dapatkan tes psikotesnya!

 

News IkutPsikotes