115View

Dilansir beberapa sumber tahun ini calaon seleksi pegawai negeri sipil (CPNS) akan dibuka lagi. Ada banyak tahapan yang akan peserta lalui untuk bisa lolos sebagai ASN ini. Untuk bisa lolos dalam tahap seleksinya, kamu harus bisa mempersiapkan diri dengan matang. Salahsatunya yaitu dengan lolos soal tesnya. Bedasarkan beberapa informasi resmi, berikut ini jenis-jenis tes seleksi CPNS 2024 yang akan dilakukan oleh para pesertanya.

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini, merupakan tes yang akan peserta kerjakan dengan tujuan untuk mengetahui dan menilai kemampuan kognitif para peserta. Adapun soal-soal tes TKD ini terdiri dari tiga subtes, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakterisktik Pribadi (TKP).

2. Tes Kompetensi Bidang (TKB)

Tes Kompetensi Bidang (TKB), merupakan tes yang digunakan untuuk menilai dan mengukur kompetensi peserta dalam bidang yang relevan dengan posisi yang mereka lamar.

3. Tes Wawasan kebangsaan (TWK)

Selanjutnya, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), merupakan tes yang sengaja dirancang untuk menguji peserta mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan Indonesia. Yaitu diantaranya Ideologi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta sejarah dan wawasan kebangsaan.

4. Tes Kemampuan Bahasa

Tes Kemampuan Bahasa merupakan tes yang digunakan untuk menguji para peserta dalam kemampuan bahasa Indonesia dan atau bahasa asing sesuai dengan posisi yang peserta lamar. Hal ini bertujuan dalam komunikasi sehari-hari dalam lingkup pemerintahana.

5. Tes Psikologi

Tes selanjutnya yang akan peserta kerjaan yaitu Tes Psikologi yang digunakan untuk mengetahui kemampuan para peserta dalam mengani tekanan, bekerja secara efektif baik individual maupun tim, dan memiliki kepribadian yang sesuai dengan posisi yang mereka lamar.

6. Tes Kesehatan

Setelah mengejarkan semua tes, tes selanjutnya yang penting yaitu dengan tes kesehatan. tes ini biasanya pemeriksaan medis secara umum, tes narkoba, dan tes kesehatan mental yang memastikan peserta atau CPNS ini memiliki kondisi yang sehat dan prima dalam menjalankan tugasnya sabagai ASN di lingkungan pemerintahan.

 

Nah sudah tau kan jenis tes yang apa saja yang akan kamu ikuti sebagai CPNS tahun 2024 ini? Sekarang waktunya untuk banyak latihan soal dan tetapkan target sesuai dengan skor yang akan kamu capai dengan memilih sumber belajar yang tepat dan terpercaya.

Kabar baik nih buat kamu yang mau latihan CPNS yang bisa kamu ikuti secara online yaitu dengan IKUTPSIKOTES. IKUTPSIKOTES sendiri akan menyediakan berbagai jenis alat tes yang bisa kamu ikuti dalam latihan persiapkan Tes CPNS. Tinggal klik dan kamu bisa mengerjakan berbagai jenis tes CPNS secara online dengan standar tes psikologi Indonesia, hingga mendapatkan hasilnya. Yuk langsung aja ikuti latihan soal CPNS dengan Klik di sini!

 

News IkutPsikotes