75View

Tes Psikologi yang merupakan salah satu tahap yang penting dalam proses seleksi penerimaan peserta di Polri. Dalam proses tesnya, saat ini Polri sudah menggunakan sistem CAT untuk menseleksi peserta. Untuk tahapan tes psikologi peserta harus mengerjakan berbagai tahap. Yaitu tahap Pass Hand, Kecerdasan, Kepribadian, dan Sikap Kerja. Dalam sistem CAT sendiri, dinilai mengutamakan 3 aspek yaitu kecerdasan, kepribadian, dan juga kecermatan (sikap kerja). Nah untuk kamu bisa mengerjakan berbagai tes Polri ini, kamu wajib pahami berbagai jenis soal psikotesnya untuk meningkatkan peluang kamu lolos tes Polri ini. Yuk simak beberapa jenis tes dan contoh soalnya!

Tes Personality

Merupakan salahsatu jenis tes yang peserta akan kerjakan, tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepribadian peserta cocok untuk menjadi anggota Polri atau tidak. Terdapat beberapa aspek kepribadian Polri yaitu diantaranya motif berprestasi, kepercayaan diri, penyesuaian diri, dan loyalitas. Contohnya soalnya yaitu:

Saat bekerja dalam kelompok, peran Anda biasanya adalah...

a. Pemimpin

b. Pekerja keras

c. Penyelenggara acara

d. Pengamat

 

Tes Intelegensi

Merupakan tes yang melibatkan soal-soal logika, matematika, dan juga verbal. Tes ini peserta harus mempelajari berbagai aspek yaitu kecerdasan umum, kemampuan praktis, kemampuan verbal, kemampuan abstrak. Contoh soalnya yaitu...

Jika 1 buku dan 2 pensil memiliki harga total 30.000, sedangkan 2 buku dan 1 pensil memiliki harga total 35.000, berapa harga satu buku?

a. 10.000

b. 15.000

c. 20.000

d. 25.000

Jika 2+2 = 8, 3+3 = 18, dan 4+4 = 32, berapa hasil dari 5+5?

a. 40

b. 50

c. 64

d.36

 

Tes Logika

Tes ini merupakan tes yang dirancang untuk mengetahuidan mengukur kemampuan atau bakat peserta dalam bernalar secara logis. Nah berikut contoh soalnya...

Jika beberapa pemimpin adalah orang yang jujur, dan semua orang yang jujur adalah orang baik, apakah dapat disimpulkan bahwa semua pemimpin adalah orang baik?

a. Ya

b. Tidak

c. Tidak dapat disimpulkan

d. Tergantung pada bukti lebih lanjut

 

Nah tadi beberapa jenis tes psikotes yang biasa keluar dalam tes Polri, kamu pengen tahu lebih lanjut untuk soal-soal tes psikotes Polri? Yuk langsung aja latihan Tes Polri yang bisa kamu ikuti secara online yaitu dengan IKUTPSIKOTES. IKUTPSIKOTES sendiri akan menyediakan berbagai jenis alat tes yang bisa kamu ikuti dalam latihan persiapkan Tes Polri. Tinggal klik dan kamu bisa mengerjakan berbagai jenis tes Polri secara online dengan standar tes psikologi Indonesia, hingga mendapatkan hasilnya. Yuk langsung aja ikuti latihan soal Polri dengan Klik di sini!

News IkutPsikotes