61View

Linkedln adalah jaringan profesional online terbesar di dunia. Buat kamu yang masih cari lowongan,magang,terhubung dan memperkuat hubungan profesional, bahkan mempelajari keahlian yang dibutuhkan demi kesuksesan karir. Kamu bisa memanfaatkan web tesebut untuk kebutuhan kamu loh. 

Karena biasanya dari kita pasti masih bingung gimana cara dapetin informasi mengenai pekerjaan, magang, lowongan dan lain sebagainya. Nah disini buat kamu yang masih bingung bagaimana cara agar Profil Linkedln kamu bisa efektif dan menarik untuk dilirik perusahaan? Disini kita akan bahas dari bagaimana menciptakan profil kamu dan cara penggunaanya. Yuk mari simak dibawah ini!

1. Profil Kamu

Di Linkedln ini berbeda ya dari medsos lainya seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainya. Karena Linkedln ini adalah platform profesional. Jadi ketika kamu sudah terdaftar disini pastikan untuk lebih menjaga dan bersikap profesional ya.

- Gunakan foto yang profesional dan update, usahakan untuk menggunakan foto yang formal jangan sampai kamu pakai foto yang photogenic, atau mengambil angle dari atas biar muka keliatan tirus, memakai efek yang menutupi muka, atau bahkan pakai foto jari sambil melambangkan “sarangheo”. Itu jangan ya!!  Pakai foto formal kamu yang sebagus dan se update mungkin sesuai standar CV supaya kamu lebih berkesan profesional.

- Buat kolom "about" semenarik mungkin, kolom ini berisi ringkasan singkat tentang kelebihan kamu, skill yang kamu punya, dan deskripsikan diri kamu secara singkat, padat, dan jelas. Dan juga kamu juga bisa ko menambahkan opini tapi usahakan jangan sampai berlebihan ya.

- Riwayat studi dan pengalaman, profil Linkedin sebenarnya sama seperti modelan CV, Recruiter bahkan memakai soft copy linkedin sebagai pengganti CV. Disini kamu bisa isi dengan riwayat terakhir studi kamu beserta jurusanya. Untuk riwayat pengalaman kalau kamu pernah bekerja bisa diisikan poin-poin pengelaman tersebut beserta deskripsinya.  Tapi kalau kamu masih fresh grader, kamu bisa isi dengan pengalaman magang, pengalaman kamu ikut seminar, atau pengalaman kamu ketika mengikuti pelatihan. Dan jika kamu punya pengalaman pertukaran pelajar bisa juga loh kamu masukin disana.

- Skills dan sertifikat, kamu bisa masukkan sertifikat yang bisa meyakinkan kepada para HRD bahwa kamu memiliki berbagai skill yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian.

- Update profil, usahakan agar terus mengupdate profil kamu jangan malas ya! Linkedin itu sama aja seperti CV yang dimana kamu harus selalu update agar tetap menarik.

2. Penggunaan LinkedIn

Nah ketika kamu sudah selesai membuat profil diri kamu, sekarang saatnya untuk menggunakan akun Linkedin kamu agar efektif dan cepat mendapatkan pekerjaan.

- Koneksi, disini kamu bisa memaksimalkan untuk bisa berkoneksi dengan para user lainnya. Kamu bisa fokus kepada user atau orang yang related dengan posisi yang kamu inginkan, selain kamu memiliki opportunity dan koneksi yang baik, hal ini bisa membantu kamu dalam mengembangkan ilmu baru yang didapatkan dari mereka.

- Bangun hubungan dan perkenalkan diri kamu, Ketika kamu sudah menambahkan para HR, CEO, atau manager sekarang saatnya kamu memperkenalkan diri dengan sopan, rapi, dan jelas kepada mereka. Hal ini bisa membuat peluang baru yang bagus untuk kamu kedepannya.

3. Rajin Membuka Kolom Job di LinkedIn

Nah untuk kamu yang sedang open to work atau sedang mencari pekerjaan, LinkedIn sendiri memiliki fitur yang mirip dengan Job Online Portal. Nah kamu disini perlu mempersiapkan CV se-menarik mungkin dan upload di lowongan sesuai buat kamu. Selain itu, kamu juga bisa men reach-out HRD yang mengupload loker itu. Hal ini bisa meningkatkan peluang kamu untuk bisa lanjut ketahap selanjutnya.

Nah dari tips diatas semoga bisa dipahami dan bermanfaat ya buat kamu. Mimin harap dengan adanya tips diatas bisa memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan kamu nantinya.

Buat kamu yang masih bingung mencari seputar tips mengenai pekerjaan ,karir bahkan tes kepribadian? Coba deh kamu kunjungi web kami di Ikutpsikotes karena disana ada banyak sekali tips-tips seputar karir yang akan membuat kamu sukses kedepanya dan juga disana kamu bisa tes kepribadian kamu! Hanya sekali bayar dan kamu bisa gunain semua fitur psikotes online yang ada di Ikutpsikotes. Dapatkan FREE TRIAL dan FREE KONSUL dari Ikutpsikotes.

KLIK DISINI UNTUK DAFTAR!

 

Referensi:

- Bagaimana menggunakan LinkedIn

News IkutPsikotes