58View

Untuk kamu yang baru masuk dunia kerja atau yang baru pindah ketempat kerja baru. Pasti kamu perlu yang namanya beradaptasi dulu kan? Sebagai karyawan baru, beradaptasi merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang dalam melakukan pekerjaan yang untuk mendapatkan hasil yang baik dan tentunya buat kamu nyaman dalam melakukan kegiatan pekerjaan sehari-hari.

Ketika kamu mampu beradaptasi dengan cepat, hal ini akan membantu dalam mengerjakan pekerjaan kamu secara maksimal bukan? Dan kamu dapat bekerja dengan semaksimal mungkin karena lingkungan yang merasa nyaman akibat kamu sudah mulai beradaptasi. Tempat kerja baru pastinya punya budaya kerja yang baru juga. Maka dari itu kamu harus mengetahui bagaimana sih cara beradaptasi ditempat kerja yang baru supaya pekerjaan kedepanya lebih lancar? Simak dibawah ini!

1. Membangun Koneksi Dengan Rekan Kerja

Satu hal penting yang harus kamu prioritaskan ketika kamu baru bergabung disebuah perusahaan adalah membangun dan menjalin koneksi yang baik dengan orang-orang yang bakal kamu temuin setiap harinya.

Memberikan kesan yang baik akan membuat mereka nyaman dengan kamu, bersikap ramah tapi tetap menjaga profesionalitas dalam bekerja, dan dengan itu akan memberikan kesan positif yang dimana kamu bisa menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja kamu dan dapat beradaptasi dengan baik pula.

2. Berikan Affirmasi Positif Kepada Lingkungan Sekitar

Pastikan kamu mengenal rekan kerja kamu sebanyak-banyaknya dan jangan hanya mengobrol dengan mereka ketika ada perlunya saja. Karena itu akan memberikan kesan yang kurang baik terhadap mereka, cobalah kamu untuk mengenal rekan kerja kamu secara personal misalnya mulai dari apresiasi hal-hal kecil yang sudah mereka kerjakan, mengajak ngobrol sebelum dan sesudah meeting, ajak makan siang bareng, atau hanya sekedar mengajak untuk ngopi bareng. Hal itu akan membuat mereka merasa dihargai dan memberikan dampak yang baik untuk kamu kedepannya.

Karena, disituasi hal kamu bisa memanfaatkan untuk belajar dan mendapatkan knowledge transfer dari senior bahkan rekan kerja kamu. Itu akan sangat membantu kamu dalam beradaptasi di lingkungan kerja baru. Misalnya kamu bisa belajar dari rekan kerja kamu mengenai bisnis perusahaan,mengetahui tugas dan tanggung jawab mereka semasa bekerja, dan bahkan kamu bisa mendapatkan career hacks dari mereka.

3. Jangan Ragu Untuk Menunjukan Kualitas Diri

Dengan kamu menunjukan kualitas terbaik kerja kamu. Kamu akan mendapatkan perhatian dan akan lebih dihargai oleh rekan kerja maupun atasan kamu di tempat kerja. Tetapi perlu kamu ingat juga, jangan sampai kamu sombong atau terlena akan pujian yang diberikan ke kamu. Karena pada dasarnya itu hanya akan memberikan kesan yang negative. Selaian itu, ini menjadi sebuah kesempatan untuk bisa belajar lebih dalam mengenai bidang kamu kepada para senior. Sebab, hal ini membuat mereka percaya dan yakin terhadap potensial di dalam diri kamu.

4. Berani Bertanya

Sesuai dengan pribahasa “malu bertanya sesat dijalan” inipun berlaku untuk kamu yang berstatus karyawan baru di sebuah perusahaan. Kamu dapat bertanya ke rekan atau atasan kamu disekitar mengenai bagaimana cara mengatasi suatu masalah, menyelesaikan pekerjaan secara tepat, atau bahkan menghadapi situasi tertentu. Dan kamu bisa mencatat jawaban yang kamu terima agar bisa menjadi bahan pembelajaran yang bagus selama masa adaptasi.

Apalagi untuk kamu yang masih status fresh graduate yang baru pertama kali masuk ke dunia kerja, ini menjadi hal baru untuk memahami tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada kamu, selain itu juga untuk menghindari kesalahan dalam melakukan pekerjaan dan jangan takut untuk bertanya berulang kali jika kamu masih belum memahami jawaban yang diberikan, kamu dapat bertanya kembali mengenai tugas kamu.

5. Hindari Bergosip

Hindari apapun itu yang mengandung kesan negatif contohnya bergosip. Karena takutnya ketika kamu membicarakan orang lain itu akan menyinggung perasaan orang tersebut, itu akan berdampak pula ke diri kamu sendirinya nanti. Pasti kamu tidak mau dong memiliki masalah dengan rekan kerja sedangkan kamu baru ingin memulai adaptasi yang baik.

Dan apabila kamu diajak bergosip usahakan untuk menghindarinya entah kamu membuat alasan atau apapun itu. Dan jika tidak ada cara untuk menghindarinya kamu bisa merespon seadanya saja, jangan sampai kamu menambahkan apalagi ikut-ikutan bergosip. Kamu bisa langung alihkan ke topik lain yang tidak menjelekan atau membicarakan seseorang.

Memang untuk hari pertama kerja pasti akan merasakan gugup. Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi setelah mengikuti langkah-langkah diatas. Semoga kamu bisa dengan mudah berdaptasi dengan lingkungan kerja kamu yang baru.

 

Mau tips karir lainnya? kamu bisa banget nih kunjungi situs web ikutpsikotes untuk dapatkan berbagai tips karir lainnya hingga tips tes psikotes. Untuk kamu yang butuh psikotes online dengan standar psikolog Indonesia dan sudah pasti lengkap? Ikutpsikotes jawabannya! Kamu bisa dapatkan berbagai jenis tes psikotes mulai dari tes kepribadian, tes iq, hingga tes ketahanan kerja. Ada semuanya di ikutpsikotes!

KLIK DISINI UNTUK DAFTAR!

 

 

Referensi:

https://greatnusa.com/artikel/cara-beradaptasi-dengan-lingkungan-kerja-baru/

https://narasi.tv/read/narasi-daily/cara-cepat-beradaptasi-di-tempat-kerja-baru

News IkutPsikotes